Website Edukasi No. 1

Pemetaan KD Kelas 4 Semester 1 dan 2 Revisi 2022

Pemeteaan Kompetensi Dasar adalah salah satu unsur penting dalam merancang sistem pembelajaran. Pemetaan KD kelas 4 semester 1 dan 2 yang ada pada kurikulum 2013 menjadi awal dari proses pengembangan kurikulum dan akan diterapkan ke dalam RPP kurikulum 2013 pada satuan pendidikan SD masing-masing.

Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) pada kurikulum 2013 diharapkan agar siswa dapat meraih aspek pengetahuan dan kompetensi pada setiap satuan mata pelajaran yang diterimanya. Ketika siswa berhasil lulus dalam suatu pelajaran, maka siswa sudah memenuhi segala target dalam kompetensi dasar yang dijalaninya.

Contoh Pemetaan KD Kelas 4 Semester 1 

Pemetaan Kompetensi Dasar pada Sekolah Dasar biasanya merupakan bentuk dari Standar Kompetensi Lulusan yang siswa harus tempuh pada setiap program dan sistem pendidikan. Pemetaan KD kelas 4 semester 1 dan 2 di setiap pembelajarannya dapat dilihat penyebarannya melalui buku guru terbitan Kemendikbud.

Pemetaan Kompetensi Dasar kelas 4 SD di semester awal memiliki bentuk yang hampir sama pada tahun sebelumnya, sehingga hasil ini merupakan hasil pada revisi terbaru di 2022. Hal ini merupakan contoh dasar dalam membuat pemetaan KD. Jumlah tema pada semester ganjil berjumlah 5 tema dan dibagi menjadi 3 subtema ditiap tema. Berikut ini penjelasannya:

Tema 1. Mengenal tentang Indahnya Kebersamaan.

Pada tema ini, siswa akan mempelajari tentang keberagaman antar bangsa dan budayanya.

Tema 2. Mempelajari tentang Pentingnya Berhemat Energi.

Pada tema ini, siswa akan mempelajari tentang sumber energi dan mengetahui pemanfaatannya.

Tema 3. Peduli Terhadap Makhluk Hidup di Sekitarnya.

Pada tema ini, siswa akan mempelajari bagaimana caranya agar selalu mencintai lingkungan disekitarnya.

Tema 4. Mengenal Berbagai Jenis Pekerjaan.

Pada tema ini, siswa akan mempelajari tentang jenis pekerjaan yang ada di sekitarnya dan mengetahui apa pekerjaan orang tua.

Tema 5. Mengenal Pahlawanku.

Pada tema ini, siswa akan mempelajari bagaimana cara menunjukkan rasa patriotisme terhadap pahlawan dalam perjuangannya.

Klik tautan ini untuk mengunduh contoh pemetaan KD kelas 4 semester 1:

Contoh Pemetaan KD Kelas 4 Semester 2 

Di semester genap, siswa dituntut harus memenuhi segala aspek pengetahuan dan kompetensi pada setiap satuan mata pelajaran. Distribusi KD kelas 4 semester genap pada setiap mata pembelajaran, terdiri atas 4 tema dan setiap tema memiliki 3 subtema. Berikut ini contoh pemetaan KD kelas 4 semester 2:

Tema 6. Mengenal Apa Saja Cita-Citaku.

Pada tema ini, siswa akan mempelajari tentang apa saja cita-cita yang diinginkan siswa serta bagaimana cara meraih cita-cita.

Tema 7. Mengenal Keindahan dan Keragaman yang ada di Negeriku.

Pada tema ini, siswa akan mempelajari tentang keragaman budaya dan mengenal nila-nilai persatuan dan kesatuan negeriku.

Tema 8. Mengenal Daerah Tempat Tinggalku.

Pada tema ini, siswa akan mempelajari tentang keunikan dan lingkungan di sekitar tempat tinggalnya.

Tema 9. Mengenal Kekayaan Negeriku.

Pada tema ini, siswa akan mempelajari apa saja kekayaan sumber energi beserta pemanfaat kekayaan alam di Indonesia.

Klik tautan ini untuk mengunduh contoh pemetaan KD kelas 4 semester 2:

Memasuki kelas 4 SD merupakan sebuah tingkatan kelas yang sudah memasuki masa yang sulit. Pemetaan KD kelas 4 semester 1 dan 2 memiliki 9 jumlah tema pembelajaran dengan masing-masing tema yang dibagi lagi menjadi 3 subtema. Di setiap pembelajaran pada Kompetensi Dasar pada setiap semester ganjil akan dibagi menjadi 5 tema dan di semester genap akan dibagi menjadi 4 tema.

Dalam pembagian waktu pembelajaran disesuaikan dengan alokasi waktu pada tiap subtema. Jika total waktu pembelajaran adalah 1 jam maka jumlah alokasi waktu keseluruhan semester menjadi 27 jam berdasarkan jumlah subtema. Untuk itu, dengan adanya pemetaan Kompetensi Dasar akan memudahkan guru dalam membuat rencana pembelajaran dan meminimalisir kesalahan dalam penyampaian materi.

Baca Juga:

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More