Website Edukasi No. 1

Jumlah Jam Kurikulum Merdeka

Wikiedukasi - Tulisan soal Jumlah Jam Kurikulum Merdeka dapat Anda temukan di sini mencakup keseluruhan.

Jumlah Jam Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang memberikan kebebasan belajar, mengoptimalkan pembelajaran berbasis bakat dan kompetensi, serta menciptakan suasana belajar yang berpusat pada siswa. Perubahan signifikan dalam Kurikulum Merdeka dibandingkan dengan kurikulum lainnya adalah jumlah jam belajar. Kurikulum Merdeka memberikan jam belajar yang lebih sedikit dibandingkan kurikulum sebelumnya.

Jumlah jam pelajaran dalam Kurikulum Merdeka ditentukan berdasarkan mata pelajaran pokok dan mata pelajaran pilihan, yang wajib diajarkan dalam setiap jenjang pendidikan, yaitu:

  • SD

Dari 24 jam pelajaran per minggu yang dipersyaratkan pemerintah, mata pelajaran pokok diwajibkan untuk dihabiskan selama 18 jam pelajaran, dan 6 jam sisanya diisi dengan mata pelajaran pilihan. Siswa diberikan keleluasan untuk memilih mata pelajaran pilihan sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka.

advertisement

  • SMP

Dari 28 jam pelajaran per minggu, mata pelajaran pokok diwajibkan untuk diselesaikan selama 21 jam pelajaran saja, sedangkan 7 jam pelajaran tersisa diisi dengan mata pelajaran pilihan.

  • SMA/SMK

Untuk tingkat pendidikan SMA dan SMK, jumlah jam pelajaran total adalah 34 per minggu. Dibagi sesuai dengan kelompok mata pelajaran, yaitu mata pelajaran umum untuk 14 jam pelajaran, program studi minat untuk 13 jam pelajaran, dan ekstrakurikuler 7 jam pelajaran.

Perbedaan dalam jumlah jam belajar ini bertujuan untuk menyeimbangkan kebutuhan pembelajaran siswa, dengan kegiatan ekstrakurikuler dan aktivitas lainnya. Selain mengurangi jumlah jam pelajaran, Kurikulum Merdeka juga fokus pada _pengembangan kompetensi siswa berdasarkan bakat dan minatnya, sehingga mereka dapat tumbuh secara optimal dan berprestasi sesuai dengan potensinya masing-masing.

Wikiedukasi – Postingan tentang dapat Anda temukan di sini secara keseluruhan.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More