Website Edukasi No. 1

Promes Kelas 4 Semester 1 dan 2 Revisi 2022

Wikiedukasi - Artikel mengenai Promes Kelas 4 Semester 1 dan 2 Revisi 2022 bisa Anda baca di sini secara keseluruhan.

Program Semester (Promes) yaitu suatu program atau rencana yang berisi garis besar tentang kegiatan yang akan dicapai dalam satu semester. Promes kelas 4 semester 1 dan 2 merupakan bagian terpenting yang dipersiapkan untuk perangkat pembelajaran. Hal ini dapat membantu kegiatan belajar mengajar menjadi sistematis. 

Promes Kelas 4 SD revisi terbaru 2022 sudah dibuat dan disesuaikan dengan kalender pendidikan terbaru. Untuk itu, promes ini dapat memudahkan guru dalam menyusun materi pelajaran pada setiap tema yang ada. Promes juga mempertimbangkan materi, alokasi waktu yang tersedia, indikator, dan jumlah Kompetensi Dasar dalam pembelajaran.

Contoh Promes Kelas 4 Semester 1 

Promes (Program Semester) diartikan sebagai jumlah satuan waktu yang sudah terprogram dan digunakan dalam kegiatan pendidikan. Kegiatan yang dilakukan satu semester seperti, kegiatan tatap muka (TTM), kerja lapangan, UTS, praktikum, ujian semester, dan berbagai pembelajaran lainnya. Promes Kelas 4 Semester 1 dan 2 sudah diatur secara sistematis dan sesuai dengan Kurikulum 2013.

Nantinya Program Semester dari kegiatan pembelajaran siswa selama satu semester akan diberi penilaian akhir. Dengan adanya Promes dapat menjadikan tolok ukur keefektivitasan siswa pada proses pembelajaran. Promes Kelas 4 Semester 1 dan 2 sudah bisa diunduh otomatis secara gratis melalui link di bawah ini:

Berikut penjelasannya:

  • Tema 1. Mengenal tentang Indahnya Kebersamaan
    Promes ini memiliki subtema berisi siswa akan mempelajari tentang keberagaman antar bangsa dan budayanya. Alokasi waktu ditempuh selama 28 jam pelajaran. 
  • Tema 2. Mempelajari tentang Pentingnya Berhemat Energi
    Promes ini memiliki subtema berisi siswa akan mempelajari tentang sumber energi dan mengetahui pemanfaatannya.
  • Tema 3. Peduli Terhadap Makhluk Hidup di Sekitarnya
    Promes ini memiliki subtema berisi siswa akan mempelajari bagaimana caranya agar selalu mencintai lingkungan disekitarnya.
  • Tema 4. Mengenal Berbagai Jenis Pekerjaan
    Promes ini memiliki subtema berisi siswa akan mempelajari tentang jenis pekerjaan yang ada di sekitarnya. Selain itu, mengetahui apa pekerjaan orang tua.
  • Tema 5. Mengenal Pahlawanku
    Promes ini memiliki subtema berisi siswa akan mempelajari bagaimana cara menunjukkan rasa patriotisme seperti yang dimiliki oleh para pahlawan dalam perjuangannya.

advertisement

Contoh Promes Kelas 4 Semester 2

Di semester genap, siswa dituntut harus memenuhi segala aspek pembelajaran sesuai waktu yang ditentukan. Untuk itu, Promes digunakan sebagai pedoman kegiatan untuk mencapai tujuan pembelajaran secara terprogram dan sistematis. Promes juga membantu dalam keseimbangan kerja dengan adanya penyusunan data. Berikut ini susunan Promes yang dimulai sebagai lanjutan dari semester sebelumnya: 

  • Tema 6. Mengenal Apa Saja Cita-Citaku.
    Promes ini memiliki subtema berisi siswa akan mempelajari tentang apa saja cita-cita yang diinginkan siswa serta bagaimana cara meraih cita-cita tersebut.
  • Tema 7. Mengenal Keindahan dan Keragaman yang ada di Negeriku.
    Promes ini memiliki subtema berisi siswa akan mempelajari tentang keragaman budaya dan mengenal nilai-nilai persatuan dan kesatuan negeriku – Indonesia.
  • Tema 8. Mengenal Daerah Tempat Tinggalku.
    Promes ini memiliki subtema berisi siswa akan mempelajari tentang keunikan dan lingkungan di sekitar tempat tinggalnya.
  • Tema 9. Mengenal Kekayaan Negeriku.
    Promes ini memiliki subtema berisi siswa akan mempelajari apa saja kekayaan sumber energi beserta pemanfaat kekayaan alam yang ada di Indonesia.

Unduh di: Format Program Semester Kelas 4 Kurikulum 2013

Kelas 4 SD menjadi landasan pertama dari Sekolah Dasar yang memasuki tingkatan masa pembelajaran yang sulit menunjang jenjang selanjutnya. Guru harus memiliki materi Promes Kelas 4 Semester 1 dan 2 sebagai rumusan kegiatan belajar mengajar. Tujuannya agar guru dapat memiliki acuan kegiatan dalam mencapai hasil yang sesuai. Hal ini akan memberikan manfaat kepada guru maupun murid.

Baca Juga:

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More