Website Edukasi No. 1

Promes Kelas 3 Semester 1 dan 2 Revisi 2022

Pembuatan promes kelas 3 semester 1 dan 2 dengan memperhatikan urutan tema adalah hal wajib yang harus dimiliki setiap guru. Hal ini karena perangkat pembelajaran seperti promes dapat membantu kegiatan belajar mengajar (KBM) berjalan sesuai urutan materi yang benar. Urutan tema dan subtema dalam promes kelas 3 SD seperti berikut:

Promes Kelas 3 Semester 1

Daftar tema pada promes kelas 3 semester ganjil ini terdiri dari 4 tema dengan penjabaran 4 subtema pada masing-masing tema. Pentingnya daftar tema ini bagi setiap guru bertujuan untuk menghindari kekeliruan dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran. Keempat tema dalam promes semester ganjil tersebut selengkapnya seperti berikut:

1. Perkembangan dan Pertumbuhan Makhluk Hidup

Pembahasan tema yang pertama, siswa akan diajak untuk memahami ciri-ciri makhluk hidup. Makhluk hidup yang dimaksud di sini adalah manusia, hewan serta tumbuhan. Selain ciri, siswa akan diberi penjelasan tentang materi perkembangan dan pertumbuhan makhluk hidup.

2. Menyayangi Tumbuhan dan Hewan

Siswa akan diajarkan tentang rasa toleransi dan kepedulian terhadap sesama makhluk hidup. Menumbuhkan sekaligus memupuk rasa sayang pada tumbuhan dan juga hewan yang ada di sekitar. Serta mengetahui manfaatnya terhadap kehidupan manusia.

3. Benda di Sekitarku

advertisement

Tema ketiga yang ada di semester ganjil ini membahas tentang benda-benda di sekitar. Tidak hanya berfokus pada aneka benda itu sendiri, pembahasan tema ini lebih luas. Mulai dari wujud benda dan perubahannya. Serta hal-hal ajaib yang terdapat dalam peristiwa perubahan wujud benda tersebut.

4. Kewajiban dan Hakku

Mengajarkan siswa tentang hak dan kewajiban sangat diperlukan. Apalagi menginjak usia siswa kelas 3 yang mulai bisa berargumentasi. Tema ini nantinya akan membahas segala kewajiban dan hak selama di rumah, sekolah, hidup bertetangga, hingga sebagai warga negara.

Promes Kelas 3 Semester 2

Penyusunan tema dalam promes tidak bisa sembarangan. Dalam konteks ini, perencanaan pembelajaran yang disusun terdiri dari beberapa proses. Mulai dari persiapan materi, media pembelajaran, pendekatan dan metode pembelajaran yang dirasa paling efektif untuk digunakan. Proses panjang tersebut menghasilkan daftar tema pada promes semester genap seperti berikut:

1. Cuaca

Tema pertama pada promes semester genap membahas mengenai cuaca, musim, dan juga iklim. Siswa akan diajarkan beberapa materi berkaitan dengan keadaan cuaca, perubahan cuaca hingga pengaruhnya terhadap kehidupan manusia.

2. Energi dan Perubahannya

Berikutnya, pembahasan tema tentang energi dan perubahannya. Siswa akan mempelajari tentang sumber-sumber energi dan perubahannya. Selain itu, siswa akan diperkenalkan dengan berbagai macam energi alternatif. Serta kiat-kiat untuk selalu hemat energi dalam kehidupan sehari-hari.

3. Perkembangan Teknologi

Tema berikut ini erat kaitannya dengan modernisasi dan perkembangan dunia teknologi. Perkembangan teknologi yang dimaksud di sini adalah teknologi sandang dan pangan. Selain teknologi pemenuhan kebutuhan pokok tersebut, ada pula subtema yang membahas tentang perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi.

4. Praja Muda Karana

Dahulu, pramuka (praja muda karana) adalah bagian dari ekstrakurikuler yang diajarkan diluar jam pelajaran sekolah. Namun, saat ini pramuka termasuk dalam sebuah tema pada promes kelas 3 SD di semester genap. Subtema yang nantinya akan dipelajari oleh siswa adalah tentang anggota pramuka, anak mandiri, suka berpetualang dan suka berkarya.

Apabila pembahasan tentang daftar tema semester ganjil dan genap di atas kurang bisa membantu, bisa mencoba untuk mengunduh file berikut. File daftar tema serta promes kelas 3 semester 1 dan 2 berikut menyediakan format lengkap rencana pembelajaran yang bisa diunduh gratis. File tersebut juga bisa dimodifikasi dan diedit sesuai kebutuhan masing-masing.

Unduh Lengkap melalui:

Demikian penjelasan singkat tentang promes kelas 3 semester 1 dan 2 di atas. Diharapkan dapat sedikit membantu bagi guru atau tenaga pengajar dalam membuat rencana pembelajaran bagi siswa. Penyusunan promes serta rencana pembelajaran yang tepat bisa meningkatkan dan mempermudah proses belajar mengajar di sekolah.

Baca Juga:

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More