Website Edukasi No. 1

Download Blangko Ijazah Kosong Word untuk SD, SMP, SMA format terbaru

Wikiedukasi - Info soal Download Blangko Ijazah Kosong Word untuk SD, SMP, SMA format terbaru bisa Anda baca di sini secara lengkap.

Wikiedukasi – Melalui halaman ini anda bisa Download Blangko Ijazah Kosong Word Terbaru 2022 2023 untuk SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA secara gratis.

Namun sebelum itu ada baiknya anda membaca sedikit ulasan mengenai pengertian dan fungsinya. Oleh karena itulah sudah seharusnya anda mengetahui seluk beluk mengenai ijazah dan blank ijazah tersebut. Berikut ini pemaparan yang dapat saya sampaikan kepada semua pelaku pendidikan.

Apa itu Blangko Ijazah?

Blanko Ijazah adalah ijazah yang tidak memiliki nilai atau isi. Ijazah ini biasanya digunakan sebagai bahan verifikasi dan pembuatan legalisir ijazah.

Sebagian besar perguruan tinggi memberikan blangko ijazah pada mahasiswanya saat mereka lulus. Ijazah di atas kertas ini tidak memiliki isi tertentu, dan biasanya hanya terdiri dari logo perguruan tinggi yang mencetak blangko ijazah tersebut.

Perguruan tinggi biasanya mengeluarkan blangko ijazah pada lulusan yang telah memenuhi semua persyaratan administratif dan akademik. Mahasiswa yang memiliki blangko ijazah ini biasanya akan menggunakannya untuk membuat legalisir ijazah.

Selain itu, blangko ijazah juga dapat digunakan sebagai bahan verifikasi oleh pihak-pihak yang berkepentingan, sehingga dapat membuktikan bahwa ijazah yang dimiliki oleh seseorang adalah asli.

advertisement

Perlu diingat bahwa blangko ijazah tidak mencantumkan nilai ataupun kode program studi.

Ulasan Ijazah dan Blangko Ijazah Kosong Word

Ijazah adalah sarana pendidikan yang berupa kartu atau surat pernyataan tertulis dan bersifat akademik baik yang dikeluarkan oleh lembaga penyelenggara pendidikan tinggi maupun non-penyelenggara pendidikan tinggi digunakan sebagai alat legitimasi untuk mengetahui status pendidikan seseorang.

Ijazah terdiri atas:

1. Ijazah Asli adalah surat pernyataan tertulis yang ditandatangani oleh Pejabat yang berwenang dan diterbitkan oleh lembaga penyelenggara pendidikan tinggi yang memiliki wewenang untuk itu.

2. Ijazah Duplikat adalah surat pernyataan tertulis yang ditandatangani oleh Pejabat yang berwenang dan diterbitkan oleh lembaga penyelenggara pendidikan tinggi yang memiliki wewenang untuk itu setelah adanya pembatalan atau perubahan ijazah asli.

3. Ijazah Tiruan adalah surat pernyataan tertulis yang ditandatangani oleh Pejabat yang berwenang dan diterbitkan oleh lembaga penyelenggara pendidikan tinggi yang memiliki wewenang untuk itu yang dibuat oleh lembaga pendidikan tinggi non-penyelenggara.

4. Ijazah Aslinya adalah surat pernyataan tertulis yang ditandatangani oleh Pejabat yang berwenang dan diterbitkan oleh lembaga penyelenggara pendidikan tinggi yang memiliki wewenang untuk itu dan telah dilegalisir.

5. Blangko Ijazah adalah surat pernyataan tertulis yang ditandatangani oleh Pejabat yang berwenang dan diterbitkan oleh lembaga penyelenggara pendidikan tinggi yang memiliki wewenang untuk itu, dan dibuat dengan sengaja tidak memiliki isi sesuai dengan syarat yang ditentukan.

6. Legalisir Ijazah adalah surat pernyataan tertulis dan tidak memiliki kekuatan mengikat untuk dijadikan bukti yang dirancang, ditandatangani, dan diterbitkan oleh Pejabat yang berwenang untuk itu.

7. Ijazah Sementara adalah surat pernyataan tertulis yang ditandatangani oleh Pejabat yang berwenang dan diterbitkan oleh lembaga penyelenggara pendidikan tinggi yang memiliki wewenang untuk itu sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

8. Tak Berkualitas adalah surat pernyataan tertulis yang ditandatangani oleh Pejabat yang berwenang dan diterbitkan oleh lembaga penyelenggara pendidikan tinggi yang memiliki wewenang untuk itu, dan dibuat dengan sengaja tidak memiliki nilai atau isi sesuai dengan yang ditentukan.

9. Surat Keterangan adalah surat pernyataan tertulis dan tidak memiliki kekuatan mengikat untuk dijadikan bukti yang dirancang, ditandatangani, dan diterbitkan oleh Pejabat yang berwenang untuk itu.

10. Ijazah Asli dan Duplikat adalah surat pernyataan tertulis yang ditandatangani oleh Pejabat yang berwenang dan diterbitkan oleh lembaga penyelenggara pendidikan tinggi yang memiliki wewenang untuk itu, dan ijazah aslinya dicabut atau diubah sebagai akibat pelaksanaan proses pemakzulan sesuai ketentuan yang berlaku.

Download Blangko Ijazah Kosong Format Word

Download Blangko Ijazah Kosong Word

Baiklah, pada paragraf ini saya akan sertakan contoh blangko ijazah kosong untuk semua jenjang pendidikan, dengan demikian jika anda merupakan sesorang dari instansi pendidikan SD, SMP maupun SMA tetap bisa mengunduhnya sesuai jenjang pendidikan yang dibutuhkan. Sesuai dengan judul format blank kosong ini berupa Microsoft Word, maka akan sangat mudah bagi anda untuk melakukan pengeditan (memasukkan data-data penting seperti nama, nomor dan lain sebagainya).

Silahkan Download Blangko Ijazah Kosong Word tersebut sesuai jenjang pendidikan yang anda butuhkan.

Penting: untuk cek keabsahan ijazah silahkan lihat di situs resmi Ijazah Kemdikbud .

Penutup

Seperti yang telah dijelaskan di atas, ijazah ada banyak jenisnya seperti ijazah sementara dan duplikat, ada yang resmi maupun tidak. Lebih tepat keduanya memiliki fungsinya masing-masing, tergantung mau digunakan untuk apa. Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan semoga tulisan ini mengandung manfaat untuk bagi anda semua.

Baca Juga:

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More